Sudah makan tapi masih selalu merasa lapar, inilah penyebabnya !


Kesehatan - Rasa Lapar merupakan sinyal alami yang dirasakan tubuh disaat membutuhkan makanan sebagai asupan gizi dan bahan bakar atau energi. disaat anda merasa lapar berarti anda butuh makan. (Lapar Fisik)

Namun terkadang rasa lapar tidak terpengaruh dengan waktu makan terakhir ataupun perut dalam keadaan kosong. Rasa lapar ini tiba tiba saja datang, otak kita akan memikirkan makanan walaupun perut merasakan kenyang. Rasa lapar ini merupakan lapar secara psikologis.

Sensasi lapar biasanya kita akan merasakan seperti perut keroncongan, hilang konsentrasi, memikirkan makanan, dan juga terkadang merasa marah.

Namun sensasi merasakan lapar secara terus menerus bisa saja ada yang terjadi pada kesehatan anda, walaupun kita Sudah makan tapi masih selalu merasa lapar. Masalah terus ini lapar janganlah anda abaikan.


Penyebab rasa lapar berlebihan :


- Gula Darah Tinggi
Orang yang memiliki kadar gula tinggi akan lebih mudah merasa lapar, karena saat kadar gula tinggi nafsu makan anda akan meningkat. Kadar gula darah yang tinggi disebabkan terdapat banyaknya glukosa atau gula didalam darah, jika ini terus dibiarkan akan sangat bebahaya bagi kesehatan.
Gula darah tinggi yang dibiarkan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan penyakit diabetes, dan komplikasi nya bisa merusak saraf saraf dalam tubuh seperti mata, pembuluh darah, jantung dll.

- Kekurangan Protein ( Nutrisi )
Tubuh yang kekurangan Protein biasanya akan mudah merasakan lapar, Protein adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Saat tubuh memiliki cukup protein akan mengahasilkan hormon yang berfungsi merasakan sensasi kenyang, sedangkan tubuh yang kekurangan protein akan merangsang rasa lapar di dalam tubuh.

- Stres yang Berlebihan
Orang yang mengalami stres akan membuat kesehatan tidak stabil. Stres yang berlebihan akan meningkatkan hormon kortisol , hormon ini sangat mempengaruhi metabolisme tubuh, nafsu makan, dan rasa lapar yang meningkat. Untuk itu sebaiknya anda perlu mengurangi stres.

- Makanan Sembarang
Makan sembarangan juga akan membuat anda merasa lapar lagi. Terkadang makanan seperti makanan cepat saji memang membuat kenyang, namun belum tentu mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Perasaan kenyang makan makanan cepat saji biasanya sebentar, setelah itu anda akan merasa lapar lagi.

- Kurang Minum Air Putih
Orang yang kurang meminum air putih dapat menyebabkan meningkatnya rasa lapar. Ketika kurang asupan air putih di dalam tubuh anda akan merasakan dehidrasi, tubuh terasa lemah, kurang bersemangat dan lemas. Dehidrasi juga akan menimbulkan resiko stres dan depresi yang memicu meningkatnya rasa lapar dan keinginan makan terus menerus.

- Kurang Tidur
Kurang tidur atau Insomnia biasanya disebabkan gaya hidup dan pekerjaan yang sibuk. Orang yang menderita kurang tidur sangat mempengaruhi kesehatan. Kekurangan waktu tidur dapat menurunkan hormon ghrelin, saat hormon ghrelin ini menurun anda akan merasakan sensasi lapar. Hormon ghrelin ini salah satu hormon yang mengatur dan mengontrol nafsu makan.


Related Post:

load comments Hide comments
Disqus Comments