Informasi Daftar Pariwisata di Palembang


Traveling - Kota Palembang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Selatan. Palembang adalah kota terbesar kedua di Sumatera setelah Medan, Sumatera Utara. Kota Palembang sangat terkenal dengan makanan khasnya Empek-Empek. sering juga orang menyebut kota ini sebagai kota empek-empek.

Selain terkenal dengan makanan khasnya empek-empek Palembang, ternyata banyak juga objek wisata yang dapat dikunjungi di daerah Palembang, Sumatera Selatan ini.

Berikut ini adalah informasi Daftar Pariwisata di Palembang, Sumatera Selatan yang wajib anda ketahui!

1. Jembatan Ampera


Jika anda berkunjung ke Palembang, hal yang pertama untuk dijadikan Objek wisata adalah Jembatan Ampera. Jembatan Ampera merupakan Icon atau lambang dari Kota Palembang, Jembatan ini sangat unik dikarenakan hanya satu2 nya jembatan di Indonesia yang mempunyai Design dengan dua menara. Jembatan Ampera ini dibangun di Jaman Jepang sekitar April 1962, jembatan Ampera memiliki Panjang total: 224 m dengan Rentang terpanjang: 61 m. Jembatan ampera terletak di tengah tengah kota yang menghubungkan daerah Ulu dan Ilir kota Palembang yang terpisah sungai Musi.

2. Sungai Musi


Kalo tadi berbicara masalah Jembatan Ampera, sekarang adalah Sungai Musi yang dihubungkan oleh jembatan Icon kota Palembang tadi.tapi tahukah anda, kalo sungai Musi ini memiliki panjang sampai dengan 750km. Sungai musi ini memiliki 8 sungai besar yang bermuara di pusat sungai Musi yang sering juga di sebut dengan Batanghari Sembilan. Sungai ini adalah yang terpanjang di Sumatera.

3. Benteng Kuto Besak


Tidak jauh dari tepian Sungai Musi dan berada dekat dengan Jembatan Ampera terdapat bangunan keraton peninggalan Kesultanan Palembang abad XVIII. namun bangunan benteng baru mulai dibangun pada tahun 1780 dan pengerjaannya sekitar 17 tahun. bangunan ini diresmikan pada tahun 1797.

4. Monpera


Monpera atau singkatan dari Monumen Penderitaan Rakyat, juga terletak di pusat Kota Palembang. Sesuai dengan namanya monumen ini banyak menyimpan benda benda yang bersejarah, peninggalan di masa penjajahan. Monumen ini berdiri kokoh di samping Masjid Agung Palembang.
Bangunan Monpera melambangkan suasana pertempuran lima hari lima malam di kota Palembang pada saat melawan penjajah Belanda.

4. Museum Sultan Mahmud Badaruddin


Tidak jauh dari Monpera, Terdapat Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Museum ini menyimpan beragam sejarah dan adat istiadat Keraton Palembang Darussalam. Museum ini masih terletak di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB).

5. Kampung Kapitan


Kampung Kapitan adalah jejak peradaban peninggalan etnis tionghoa yang terletak di Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan Seberan Ulu 1, Kapitan Palembang. Letaknya beraada di tepi ulu Sungai Musi. Perkampungan ini berdiri beberapa rumah dengan gaya arsitektur china yang berumur ratusan tahun, kental dengan nuansa merah khas china. Namun bangunan yang paling mencolok adalah rumah Sang Kapitan, yang bangunan intinya terdiri dari 3 rumah besar yang menghadap ke Sungai Musi.

6. Taman Kambang Iwak Besak


Taman Kambang Iwak Besak kalo diartikan bahasa Indonesia, artinya Kolam Ikan. Taman ini dulunya adalah salah satu peninggalan Belanda di Palembang. di jaman belanda taman ini difungsikan sebagai tempat Olahraga yang memiliki sebuah Danau di tengahnya. Taman ini terletak di dekat dengan tempat tinggal wali kota Palembang.
Di tepian danau kambang iwak sering dijadikan tempat rekreasi keluarga di Palembang di saat Liburan. sekarang terdapat juga air mancur di tengah danau, yang di hiasi lampu yang nampak indah di malam hari.

7. Kawasan Industri Songket


Kalo anda sedang berwisata ke Palembang, mari sempatkan untuk mampir di kawasan industri songket palembang. kawasan ini terletak di daerah Tanggo Buntung. Tempat ini merupakan sentranya Songket Asli Khas Palembang. Banyak sekali Galeri galeri songket terkenal di kawasan ini, harga songket disini pun bervariasi dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. sangat cocok untuk anda yang mencari oleh oleh dari palembang.

8. Museum Tekstil


Museum Tekstil Palembang merupakan salah satu museum yang bernuansa klasik khas jaman kolonial belanda, terdapat sekitar 500 barang peninggalan sejarah yang berada disana. Bangunan museum ini terletak tidak jauh dari Taman Kambang Iwak Besak.

9. Bukit Siguntang


Bukit Seguntang atau kadang disebut juga Bukit Siguntang adalah sebuah bukit kecil setinggi 29—30 meter dari permukaan laut yang terletak sekitar 3 kilometer dari tepian utara Sungai Musi dan masuk dalam wilayah kota Palembang, Sumatera Selatan. Secara administratif situs ini termasuk kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I, Palembang. Bukit ini berjarak sekitar 4 kilometer di sebelah barat daya pusat kota Palembang, dapat dicapai dengan menggunakan angkutan umum menuju jurusan Bukit Besar. Di lingkungan sekitar bukit ini ditemukan beberapa temuan purbakala yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya yang berjaya sekitar kurun abad ke-6 sampai ke-13 masehi. Di puncak bukit ini terdapat beberapa makam yang dipercaya sebagai leluhur warga Palembang. Oleh masyarakat setempat, kompleks ini dianggap keramat dan menjadi tempat tujuan ziarah. Kini Kawasan ini menjadi Taman Purbakala untuk menjaga artefak-artefak yang mungkin masih belum terungkap. Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Bukit_Seguntang

10. Taman Purbakala Sriwijaya


Salah satu tempat yang menyimpan banyak peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya dahulu adalah Taman Purbakala Sriwijaya. dengan luas sekitar 72 hektare kawasan ini memiliki dua pulau kecil di dalamnya yaitu pulau nangka dan pulau cempaka. bagi wisatawan yang ingin berkunjung kawasan ini terletak di Kel. Karang Anyar Kec. Gandus, Kota Palembang.

11. Taman Wisata Punti Kayu


Taman Wisata Punti Kayu merupakan Hutan lindung yang terletak sekitar 7 kilometer dari pusat kota palembang. tempat ini adalah tempat yang cocok untuk anda dan keluarga berekreasi. hutan lindung ini di dominasi dengan banyaknya pohon pinus yang membentang di area sekitar 50 hektare. terdapat juga di punti kayu ini arena bermain, jembatan gantung, danau, kebun binatang mini dan masih banyak lagi.

12. Museum Balaputra Dewa


Museum Balaputra Dewa ini adalah museum yang memiliki sekitar 3580 barang koleksi. Banyak sekali peninggalan dan penemuan penemuan bersejarah di Palembang yang tersimpan di Museum ini semisal barang-barang tradisional Palembang, binatang awetan, miniature rumah pedalaman, replica prasasti, arca arca kuno, batu-batu ukir raksasa peninggalan jaman Megalitikum, rumah adat palembang ( rumah limas ) dll. Museum ini bisa anda kunjungi tidak jauh dari Taman Wisata Punti Kayu, terletak di Km 6,5 tepatnya di Jalan Srijaya Negara I No. 288, Kota Palembang.

13. Kawah Tengkurep



Kawah Tengkurep ini terletak di kawasan 3 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang. Kawah Tengkurep merupakan kawasan pemakaman para Raja Palembang. Tempat ini merupakan peninggalan sejarah yang setiap hari di datangi para peziarah dari palembang bahkan dari luar kota palembang. Kawah Tengkurep ini menjadi bukti Kesulatanan Palembang Darussalam pernah ada.

14. Pulau Kemaro



Salah satu objek wisata di Palembang yang wajib untuk anda singgahi berikutnya adalah Pulau Kemaro. di Pulau Kemaro, sangat kental nuansa pecinan, terdapat kelenteng di pulau ini yang masih digunakan, khususnya ketika Cap Go Meh. Sebagian besar warga Palembang keturunan Tionghoa akan sembahyang di kelenteng ini.
Namun untuk anda yang ingin berwisata menuju ke Pulau Kemaro, anda harus menaiki perahu dan melintasi aliran Sungai Musi. di Sepanjang perjalanan Anda kesana anda akan disuguhi pemandangan rumah terapung khas masyarakat Palembang di sepanjang aliran sungai.

Daya tarik Pulau Kemaro

Daya tarik Kemaro adalah Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau. Bangunan ini baru dibangun tahun 2006. Selain pagoda ada klenteng yang sudah dulu ada. Klenteng Hok Tjing Rio atau lebih dikenal Klenteng Kuan Im dibangun sejak tahun 1962. Di depan klenteng terdapat makam Tan Bun An (Pangeran) dan Siti Fatimah (Putri) yang berdampingan. Kisah cinta mereka berdualah yang menjadi legenda terbentuknya pulau ini.
Selain itu ditempat ini juga terdapat sebuah Pohon yang disebut sebagai "Pohon Cinta" yang dilambangkan sebagai ritus "Cinta Sejati" antara dua bangsa dan dua budaya yang berbeda pada zaman dahulu antara Siti Fatimah Putri Kerajaan Sriwijaya dan Tan Bun An Pangeran dari Negeri Cina, konon, jika ada pasangan yang mengukir nama mereka di pohon tersebut maka hubungan mereka akan berlanjut sampai jenjang Pernikahan.
Untuk itulah Pulau ini juga disebut sebagai Pulau Jodoh.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Kemaro


Demikianlah Daftar Pariwisata di Palembang yang dapat Anda jadikan Referensi, Untuk di Daerah Sumatera Selatan lainnya masih banyak juga yang dapat di jadikan tempat tujuan wisata anda, seperti :
  • Gunung Dempo - Pagar Alam
  • Air Terjun Lematang Indah - Pagar Alam
  • Air Terjun Curup Maung - Pagar Alam
  • Arung Jeram Manna - Pagar Alam
  • Danau Ranau - Ogan Komering Ulu Selatan
  • Goa Putri - Padang Bindu, Baturaja OKU
  • Air Terjun Bedegung - Muara Enim
  • Watervang - Lubuk Linggau
  • dll.

Related Post:

load comments Hide comments
Disqus Comments