Berbahaya ! Jangan Panaskan Makanan ini beulang-ulang


Kesehatan - Memanaskan masakan berulang-ulang adalah hal lumrah yang dilakukan setiap orang jika masakan masih lebih atau tidak habis dimakan. Akan tetapi ada beberapa jenis makanan yang dipanaskan berulang-ulang akan tidak bermanfaat bagi kesehatan bahkan akan menjadi berbahaya pemicu penyakit.

Maka dari itu sebaiknya anda berhati-hati sebelum memanaskan ulang masakan, alih-alih menhemat makanan malah menjadi sesuatu yang berbahaya. Berikut ini kami lampirkan makanan apa saja yang jangan dipanaskan berulang-ulang :

Telur
Telur adalah makanan yang paling sering dikonsumsi oleh kita, memasaknya pun bisa sangat simple dengan menggoreng ataupun di rebus. Telur sangat kaya akan protein bila di konsumsi, tapi jangan pernah dipanaskan ulang karena telur yang dimasak dengan utuh jika di panaskan ulang akan merubah komposisi protein di dalamnya. Protein telur yang dipanaskan akan menjadi zat atau racun bagi tubuh kita.



Kentang
Sama seperti telur, Kentang yang dipanasakan ulang juga akan kehilangan Nutrisi. Selain itu kentang yang dipanaskan berulang akan tumbuh bakteri Clostridium Botulinum, Bakteri ini kan menjadi racun yang menyerang system syaraf pada otak dan tulang belakang manusia.

Bayam
Mungkin anda pernah mendengar di dalam pelajaran sekolah, akan berbahaya bila bayam didiamkan selama 4 sd 5 jam. Sayur bayam adalah salaha satu sayuran penghasil zat besi terbanyak, jika bayam terlalu lama didiamkan akan terjadi oksidasi antra bayam dan udara. sehingga zat besi di dalam bayam akan berbah menjadi senyawa kimia bernama ferro.
Senyawa kimia Ferro pada bayam adalah senyawa yang bersifat racun (oksidan) bagi tubuh. Jadi ketika kita makan bayam yang telah lama dimasak, bukan antioksidan yang kita dapat melainkan zat besi yang berubah menjadi oksidan, itu artinya sama saja dengan memasukkan racun kedalam tubuh.

Selain itu, bayam juga mengandung Zat kimia nitra yang akan berubah menjadi asam nitrat atau Nitrosamine jika dipanaskan. Nitrosamine adalah zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker dan membuat darah sulit membawa oksigen ke seluruh tubuh.


Jamur
Jamur yang dipanaskan berulang akan kehilangan komposisi protein dan nutrisinya. Hal ini akan kurang bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu jamur yang dipanaskan berulang akan menggangu kesehatan pencernaan dalam tubuh sehingga menyebabkan diare serta perut yang kembung.



Related Post:

load comments Hide comments
Disqus Comments